Pengertian Islam dan Iman



Dalam sebuah hadits dari Umar ra. yang diriwayatkan Muslim pengertian Islam dan Iman disampaikan dengan nyata, sebagaimana berikut ini;


Ketika kami duduk pada suatu hari bersama Rasulullah saw, datanglah seorang laki-laki, putih bersih pakainnya, hitam bersih rambutnya,
tak terkesan padanya tanda orang sedang bepergian dan tiada seorangpun diantara kami yang mengenalnya, kemudian ia bersimpuh di hadapan Nabi dengan merapatkan kedua lututnya pada kedua lutut  Nabi dan meletakkan kedua telapak tangannya pada paha Nabi.
Lalu ia berkata, “Hai Muhammad, terangkanlah padaku tentang Islam!” Nabi menjawab : “Islam adalah engkau mempersaksikan , tiada Sesembahan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mengerjakan sholat, membayar zakat, berpuasa Ramadhan dan pergi haji bila engkau mampu melakukannya”. Orang itu berkata, “Engkau benar”! Maka heranlah kami, ia bertanya lalu ia membenarkannya.
Orang itu kemudia bertanya lagi, “terangkanlah padaku tentang iman!” Nabi menjawab; “Iman adalah engkau percaya akan Allah, malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, Hari Kemudian, dan percaya akan takdir baik dan takdir buru”. Orang itu berkata, “Engkau Benar”! (HR. Muslim)

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Tahayul, Bid’ah dan Churofat (TBC)

Khittah Langkah 12

Muqadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MADM)