Beasiswa Unggulan Muhammadiyah UMS


Beasiswa Unggulan Muhammadiyah yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ditujukan kepada siswa yang saat ini sedang duduk di kelas XII SMA/SMK/MA yang mempunyai prestasi, berkemampuan akademik tinggi dan aktif dalam kegiatan organisasi Muhammadiyah atau organisasi otonom di bawah Muhammadiyah. Bagi hafidz/hafidzah Qur’an akan mendapatkan perhatian khusus.




Beasiswa ini mencakup seluruh biaya kuliah di UMS mulai dari Dana Pengembangan, biaya kuliah hingga biaya wisuda.
UMS menyediakan Beasiswa Unggulan Muhammadiyah bagi 50-60 mahasiswa baru. Program beasiswa Unggulan Muhammadiyah berlaku untuk semua program studi, kecuali Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, dan Program Double Degree. Berikut adalah keterangan tentang beasiswa unggulan Muhammadiyah sebagaimana terdapat di dalam laman resmi UMS.
  1. Fasilitas Penerima Beasiswa Unggulan Muhammadiyah
Penerima beasiswa Unggulan Muhammadiyah akan menerima fasilitas berupa:
    • Bebas dari pembayaran Dana Pengembangan.
    • Bebas dari biaya kuliah termasuk biaya SKS, biaya praktikum, dan biaya ujian skripsi. Penerima beasiswa dievaluasi tiap semester, dan jika prestasi tidak memuaskan, fasilitas ini dapat dibatalkan. Fasilitas ini tidak mencakup biaya ujian ulang skripsi, dan biaya praktik kerja lapangan atau praktik rumah sakit.
    • Bebas dari biaya wisuda.
  1. Syarat-Syarat Pendaftaran
Yang berhak mendaftar beasiswa Unggulan Muhammadiyah adalah:
    • Siswa kelas XII SMA/SMK/MA pada tahun akademik 2014/2015 (dibuktikan dengan fotokopi rapor semester V Gasal 2014/2015).
    • Siswa yang telah mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di UMS dan telah dinyatakan lulus tes masuk, termasuk tes kesehatan bagi calon mahasiswa program studi yang mensyaratkan tes kesehatan. Disarankan calon telah melakukan registrasi (biaya registrasi akan dikembalikan jika peserta dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa).
    • Siswa yang selama di sekolah terlibat aktif dalam organisasi Muhammadiyah atau organisasi otonom di bawah Muhammadiyah (misalnya kegiatan IPM, IRM, Aisyiyah, Panti Asuhan Muhammadiyah dan lain-lain).
  1. Prosedur Pendaftaran
    • Mengisi formulir pendaftaran dan portofolio beasiswa Unggulan Muhammadiyah secara on line (klik di sini).
    • Mengisi portofolio (secara on line) yang berisi aktivitas/keterlibatan/kontribusi dalam amal usaha Muhammadiyah dan prestasi yang pernah diraih selama SMA/SMK/MA.
    • Menyertakan surat rekomendasi dari PP Muhammadiyah, PWM atau PDM tentang keterlibatan dalam kegiatan dan kepengurusan organisasi Muhammadiyah.
    • Menyertakan surat keterangan penghasilan orang tua yang disahkan oleh pejabat tempat institusi berkerja ataupun dari kepala desa bagi wirausaha/tani/buruh. Surat tersebut menyebutkan jumlah tanggungan keluarga.
    • Mengirim berkas pendaftaran melalui pos ke Panitia PMB UMS 2015, Jl. Ahmad Yani Tromol Pos I, Pabelan Surakarta 57162, atau Fax. +62 (271) 715 448, atau menyerahkan berkas ke panitia PMB di Gedung Admisi di kampus I UMS.
  1. Berkas Pendaftaran
Berkas yang harus dikirim dalam proses pendaftaran adalah:
    • Foto kopi rapor semester V Gasal 2014/2015 (legalisir sekolah).
    • Foto kopi sertifikat lulus tes sebagai mahasiswa baru (termasuk tes kesehatan bagi program studi yang mensyaratkan)
    • Surat Rekomendasi PP/PWM/PDM (asli).
    • Foto kopi bukti prestasi lain selama SMA/SMK/MA (legalisir sekolah) jika ada.
    • Surat keterangan penghasilan orang tua (asli).
  1. Waktu Pendaftaran dan Pengumuman Hasil Seleksi
Proses seleksi penerimaan beasiswa Unggulan Muhammadiyah dilakukan dalam 2 gelombang dengan jadwal sebagai berikut:

Gelombang I
Gelombang II
Batas penerimaan berkas
28 Maret 2015
27 Juni 2015
Proses seleksi dan wawancara
3-4 April 2015
3-4 Juli 2015
Pengumuman dan penandatanganan surat perjanjian
11 April 2015
11 Juli 2015
  1. Sistem Seleksi
Proses seleksi dilakukan terhadap dokumen yang dikirim calon penerima beasiswa dan wawancara langsung dengan calon penerima beasiswa. Wawancara dilakukan oleh Pimpinan UMS. Untuk itu, calon penerima diminta datang ke gedung Rektorat UMS pada tanggal dan jam yang akan diumumkan di web ini. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap dokumen dan hasil wawancara, Pimpinan Universitas memutuskan nama-nama mahasiswa baru yang berhak menerima beasiswa Unggulan Muhammadiyah. Keputusan pimpinan UMS bersifat final.
  1. Registrasi
Mahasiswa baru yang dinyatakan lolos sebagai penerima beasiswa Unggulan Muhammadiyah diharuskan menandatangani surat perjanjian dengan UMS. Mahasiswa kemudian melapor ke bagian registrasi di Gedung Admisi.
Contact Person
Untuk informasi lebih lanjut terkait beasiswa bagi mahasiswa baru, silakan menghubungi:
Ratnanto Fitiriadi (HP: 085728053523)
Taufiq P. Rochmani, B.Sc. (Telp.+62 (271) 717 417 ext. 107 atau HP: 085600922246)




Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Tahayul, Bid’ah dan Churofat (TBC)

Khittah Langkah 12

Muqadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MADM)