Sunday, August 23, 2015

Pengertian Muhammadiyah menurut Bahasa dan Istilah



Sebagaimana ungkapan yang sudah sangat sering kita dengar, atau bahkan mungkin juga sering kita ucapkan, bahwa “tak kenal maka tak sayang”, maka kita tidak akan mungkin sayang kepada sesuatu sebelum kita mengenalnya. Demikian juga dengan Muhammadiyah, bagaimana mungkin orang akan sayang kepada Organisasi terbesar di dunia amal usaha-nya ini, jika orang tersebut tidak mengenal Muhammadiyah.


Oleh karena hal tersebut, kita mesti mengenal pengertian Muhammadiyah itu sendiri. Pengertian Muhammadiyah bisa ditinjau dari 2 (dua) segi, yaitu pengertian Muhammadiyah dari segi bahasa dan pengertian Muhammadiyah dari segi Istilah.
Muhammadiyah secara bahasa berasal dari kata Muhammad dan iyah. "Muhammad" diambil dari nama Nabi terakhir Muhammad SAW sedangkan “iyah” berarti pengikut. Jadi secara bahasa, muhammadiyah berarti pengikut Nabi Muhammad SAW. Meskipun demikian ada sebagian orang yang menyatakan bahwa, sesungguhnya kata Muhammad diambil dari nama guru pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan, yaitu Muhammad Abduh. Tentunya hanya KH. Ahmad Dahlan yang tahu persisnya. Akan tetapi, Organisasi Muhammadiyah, berkeyakinan bahwa nama Muhammad adalah dinisbatkan kepada Nabi dan Rasul terakhir, Muhammad Salallahu ‘alaihi wassalam.
Muhammadiyah secara istilah adalah Sebuah Organisasi Islam, gerakan dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan pada 18 Nopember 1912 M atau 8 Dzulhijah 1330 H di Yogyakarta, tepatnya di Kampung Kauman. Muhammadiyah sebagai organisasi Islam menempatkan Al-Qur’an dan As-Sunah sebagai dasar organisasi, juga sebagai pedoman dalam pergerakannya.
Adapun pengertian Ma’ruf adalah segala perbuatan yang mendekatkan kita kepada Allah. Sedangkan pengertian Munkar adalah segala perbuatan yang menjauhkan kita dari pada-Nya.
Untuk lebih mengenal Muhammadiyah sebaiknya anda juga baca Mengenal Lebih Dalam Muhammadiyah di sini.

4 comments:

Featured Post

Langkah Ke-Dua untuk Meraih 1000 Dolar dari Shutterstock

Assalamu'alaikum kawan semua! Yang pertama ingin saya sampaikan, $ elamat ! bagi anda sudah terdaftar sebagai Contributor Shuttersto...

Popular Posts