Perkembangan Islam di India dan Indonesia



Perkembangan dunia Islam dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :
  1. Kejayaan di Baghdad dan Cordova (abad VII – X)
  2. Kemunduran Dunia Islam (abad XI – XVIII)
  3. Kebangkitan Dunia Islam (abad XIX)
  4. Pelopor Gerakan Kebangkitan Islam
  5. Muhammadiyah Periode Awal

Perkembangan Dunia Islam di India & Pakistan
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa pada mulanya India, Pakistan dan Bangladesh adalah satu bagian, yaitu India. Islam di ketiga Negara tersebut juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Adapun perkembangan Islam di India tersebut dipengaruhi oleh tiga golongan pembaharuan yaitu ; Golongan Fundamentalis, Golongan Kompromis dan Golongan Moderat.
1)      Golongan Fundamentalis
Golongan ini dimotori oleh Syah Waliyullah, Muhammad Iqbal dan Abu A’la Al-Maududi. Pemikiran dari golongan fundamentalis di India adalah bahwa Al-Qur’an merupakan sumber aturan seluruh aspek kehidupan (Ipoleksosbud-Iptek), sehingga wajib hukumnya mengembalikan Al-Qur’an kepada posisinya sebagai sumber segala aturan dan sumber hukum. Dan Memerangi penguasa dholim wajib hukumnya.
2)      Golongan Kooperatif/kompromis
Golongan kooperatif ini dimotori oleh Sayid Ahmad Khan.
Dasar Pemikiran golongan Kooperatif ini adalah harus kerjasama dengan penjajah Inggris karena; umat Islam masih sangat lemah. Adapun perjuangan untuk mengembalikan kejayaan Islam harus dimulai dari intelektual muslim. Dan perlu disadari bahwa perlu suasana aman untuk mencetak kader Islam.
Golongan Kooperatif ini kemudian mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama Mohammedan Anglo Oriental College (MAOC) Moslem University of Aligarh.
3)      Golongan Moderat
Golongan pembaharuan di India yang ketiga adalah golongan moderat yang dimotori Amir Ali. Pemikirannya adalah membatasi kerjasama dengan Inggris dengan tidak bekerjasama pada bidang politik dan idiologi. Selain dari bidang tersebut umat Islam dapat bekerjasama dengan penjajah Inggris.  Amir Ali disebut bapak Pendiri Negara Islam.

Perkembangan Dunia Islam di Indonesia
Pembaharuan di Indonesia dipengaruhi oleh ulama-ulama yang belajar di Negara-negara Arab. Antara lain : KH. Ahmad Dahlan, Syech Ahmad Soorkati, H. Abdul Karim Amrullah, KH. Hasyim Asy’ari.
Adapun tokoh yang mempengaruhi pemikiran KH. Ahmad Dahlan adalah ; Ibnu Taimiyah, Muhammad Abduh, Muhammad Rasyid Ridha, Jamaludin Al Afghani.


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Tahayul, Bid’ah dan Churofat (TBC)

Khittah Langkah 12

Muqadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MADM)